Sunday, June 5, 2011

Tour de Brussels

Akhirnya saya ke luar negeri dari luar negeri. Kamis lalu, saya, Mbak Sasa, dan si Putri jalan-jalan ke Belgia. Negara kecil yang terletak persis di sebelah selatan Belanda. Menurut saya, Belgia adalah tempat yang tepat untuk belajar nuris. Ehehe.

Saya dan rombongan naik Eurolines. Jasa transportasi ini nggak cuman ada di Belanda kok, hampir semua negara di Eropa dijelajahi Eurolines. Tinggal pilih tanggal yang tepat, biasanya pas nggak musim liburan, kalian pasti mendapatkan tiket superduper murah untuk jalan-jalan ke Eropa.

Hemm, kemarin saya mendapat harga 23 euro untuk Utrecht-Brussels-Utrecht, menggunakan bus Eurolines. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam, berangkat dari Utrecht central station hingga tiba di Brussels north station. Seperti yang kita ketahui ya teman, Brussels adalah ibukotanya Belgia.


Begitu sampai, cari penginapan, lalu langsung mencari tempat-tempat wisata. Yak, gambar di atas adalah Atomium yang terletak di Bruparck, yang menjadi salah satu landmark kota Brussels.

Hotel di Brussels harganya bervariasi. Kebetulan kami mendapatkan harga murah (dengan fasilitas ala kadarnya) di salah satu hostel di samping pusat perbelanjaan kota Brussels. Yak, hostelnya nyelip-nyelip di antara hotel Sheraton dan Hilton yang mewah megah berkuasa. #apasih. Lumayan deh, cukup merogoh kocek 60 euro per malam untuk tiga orang. Eh, kalo di-convert ke rupiah udah setara dengan kamar di hotel berbintang yak. :D

Hmm, peta Brussels dan berbagai tourism destination saya dapet dari hostel tempat menginap. Jadi saya dan rombongan bisa mendapatkan gambaran ke arah mana nantinya akan berpetualang. Transportasi umum di Brussels ada tram, metro, dan kereta. Ada juga bus yang khusus melayani para turis yang mau berkunjung ke tempat-tempat wisata, namanya Sightseeing Bus. Ternyata bus sightseeing itu nggak cuman ada di Brussels doang loh teman, di kota-kota di beberapa negara lain juga ada. Bus-nya bertingkat dan terbuka di bagian atasnya. Sepoi-sepoi gitu kalo duduk di atas, hehehe. Cukup merogoh 15 euro dan kami bisa menaiki bus itu seharian di jam-jam operasi.

Seperti poto di atas, pertama kami ke Bruparck. Disana ada Atomium, taman wisata Mini Europe, dan berbagai wahana wisata lainnya. Seperti di Madurodam, Den Haag, Mini Europe adalah tempat rekreasi dengan berbagai miniatur bangunan. Bedanya, di Mini Europe, miniatur bangunannya adalah landmark-landmark di berbagai negara di Uni Eropa.


Big Bang, London

Eiffel, Paris

Pisa, Rome

Dari Bruparck, saya dan team bergerak ke tujuan selanjutnya. Yak, kami menuju Manneken Pis. Patung anak kecil dengan tinggi sekitar setengah meter lagi pipis sembarangan. Katanya ini juga salah satu maskot kota Brussels, eh, apa Belgia yak? Wah wah wah, masa' maskotnya porno gitu. Ehehehe.

Patung Manneken Pis

Manneken Pis lagi makan waffle

Nggak jauh dari Manneken Pis, yang emang terletak di centrum-nya kota Brussels, kami berjalan sebentar ke Royal Place. Katanya ya, itu adalah tempat tinggal Raja Belgia jaman dulu. Tempatnya artistik banget loh, ada patung dewa-dewa Yunani-nya. Masi temenan kali ya. :D






Aaah, belum lengkap rasanya kalo ke Belgia tanpa merasakan enaknya coklat khas Belgia. Mampir deh ke Pizza Hut di samping hostel, mesen coklat mousse khas Belgia. Yummy.

No comments:

Post a Comment