Sunday, June 5, 2011

Tour de Antwerp

Melanjutkan tour 3 hari di Belgia, setelah dari Ghent, saya, Mbak Sasa, dan Putri naik kereta tujuan Antwerp atau Antwerpen. Kota ini terkenal dengan diamond-nya. Uuuh, seandainya kesana nggak cuman liat-liat berlian doang. :D

Sekitar pukul 4 sore, kami bertolak menuju Antwerp. Ke arah utara. Semakin mendekati bagian selatan Belanda. Yak, Antwerp adalah kota yang terkenal dengan keindahan berliannya. Begitu keluar dari kereta, saya melihat bagian langit-langit stasiun kereta dihiasi dengan benda-benda berkilauan. Lalu terdapat berbagai jewelery shops di dalem maupun di luar stasiun kereta. Wuaah.

Waah, karena ketajaman kameranya nggak tajem-tajem banget, kemewahan langit-langit stasiun kereta Antwerp nggak keliatan jelas.


Beberapa toko perhiasan di depan Antwerp central station.


Ini adalah Antwerp central stationnya. Di sampingnya ada kebun binatang, yang nggak kami masukin. Lalu di sampingnya lagi juga ada museum diamond, yang nggak kami masukin juga. :D

Beberapa mater dari central station, kami nemu hotel tak berbintang yang nggak gede-gede amat. Lebih bagus daripada hostel yang di Brussels, dan harganya tentu lebih mahal. 85 euro untuk 3-bedroom kamer di Statiestraat.

Sore itu sesampainya di Antwerp dan menaruh barang-barang di hotel, saya dan rombongan mulai berpetualang. Lagi-lagi, berbekal peta kota yang kami dapet dari central stationnya. Mulailah kami berjalan menuju centrum (yang lagi-lagi merupakan pusat landmark-landmark kota Antwerp). Dan ternyataaa, wooow, bangunannya klasik banget! Semuanya bernilai artistik tinggi. Wah jadi kebayang, jaman dulu orang-orang mengkonstruksi bangunan semewah dan seindah itu buat apa ya? Berdecak kagum deh.

Di perjalanan menuju Grote Markt (centrum-nya), kami melewati tempat perbelanjaan yang mewah berderet di sepanjang jalan. Di pertigaan Leysstraat, Jesusstraat, dan Meir, ada patung Anton von Dick, yang entah siapa saya juga nggak tau :D



Menuju ke arah barat lagi (mendekati Grote Markt), kami melihat bangunan-bangunan yang nggak kalah bagusnya dengan di bangunan-bangunan di Ghent.

Ini entah siapa lagi, mungkin Anda bisa baca :D
Di belakangnya tampak Notre-Dame Cathedral di Antwerp. Hmm, banyak kok yang nama gerejanya Notre-Dame. Di Paris juga ada.


Hotel Hilton dengan arsitektur klasik

Gedung di belakang itu katanya namanya adalah Ruihuis. Huis itu sendiri bahasa Belanda yang artinya house, atau rumah. Rui apa ya? :D Patung di depannya itu antik banget.


Noh, Putri lagi nggodain adek bule cowok. Kasian deh dicuekin :p


Ini patung yang keren itu dengan latar belakang Notre-Dame Cathedral.


Dari Grote Markt berjalan lebih ke barat lagi, tibalah di tepi sungai Schelde yang airnya langsung menuju ke selat Channel, lalu ke Inggris.

Di pinggir sungai Schelde itu juga ada kastil, hmm, benteng gitu kali yak, ini di kawasan Steenplein. Kayak di game-game super mario yak. Hehehe.


Itu tadi perjalanan hari pertama di Antwerp. Kami bermalam di hotel tak berbintang deket central station itu, lalu esok paginya kembali ke kawasan perbelanjaan untuk makan, loh, belanja lah, sebelum akhirnya pulang pukul 2 siang naik Eurolines lagi.

Oya, masalah makan, di Brussels, Ghent, atau Antwerp, kalian nggak perlu khawatir. Warung makan punya orang Turki atau Mesir yang terjamin halal mudah ditemuin kok. Kalo pengen Pizza Hut atau Mc.D juga ada. Eits, tapi pesen yang ikan ya.



Sampai ketemu lagi Belgium! Daaaag.

2 comments:

  1. woww, ngileeeer!!
    kpn y ane bs adventure jg??
    huhuhuh *ssrooot...

    ReplyDelete
  2. ayo kita maen game super mario, nanti kita ketemu di kastilnya ya.. ehehehe

    ReplyDelete