Sunday, September 25, 2011

Sate

Salah satu dari sekian banyak makanan favorit saya adalah sate. Mengapa sate Madura begitu menggoda?

Pertama aromanya. Dulu itu, entah itu adalah pertama kalinya saya diajak membeli sate, atau entah itu pertama kalinya saya menyadari betapa harumnya asap sate (gyaa, asap!). Suatu sore hari, mungkin sekitar pukul 5 sampai 5.30 sore, karena waktu itu lampu jalan belum menyala, serta orang-orang belum menghidupkan lampu-lampu rumah. Saya berdiri dengan senangnya di depan vespa biru milik Bapak. Rambut saya yang waktu itu nggak pernah lebih dari sebahu berkibar-kibar. Aah, angin sore begitu indah.

Lalu Bapak berbelok ke sebuah warung di pinggir jalan raya di deket pasar kecamatan. Warung yang mengeluarkan asap hingga ke pinggir jalan. Herannya, wangi asapnya enak banget. Harum, seperti sesuatu yang saya kenal!

Di tempat dimana asap itu berasal, berdirilah seorang bapak berkumis, bertopi aneh, serta salah satu bola matanya terlihat seram. Belakangan saya baru tau kalo bapak penjual sate itu katarak. Bapak berkumis pak raden itu sedang mengipas-ngipas sesuatu. Aha! Sate! Ternyata asap itu adalah asap sate. Setelah itu, tiap kali tau kalo Bapak atau Om saya (adiknya Ibu) hendak pergi membeli sate, saya selalu pengen ikut. Demi mencium asap sate. Hwahahaha.

Kedua, tentu rasanya. Saya suka sate berbumbu kacang dan berkecap. Tapi saya kurang suka sate yang berkecap saja, atau sate dengan bumbu kacang saja. Saya suka kalo bumbu kacangnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu halus. Lebih enak yang terasa "kres-kres" gitu. Hehehe. Pokoknya sate madura bapak berkumis di deket pasar kecamatan waktu itu terasa T.O.P B.G.T.

Sebelum sekolah pun saya sudah tergila-gila pada sate. Tiap kali sakit, saya selalu minta dibelikan sate. Nggak ada sate, nggak makan. Nggak ada sate, belum sehat. Tapi herannya, setelah makan sate, saya waktu itu merasa lebih sehat. Lalu segera sembuh. Aneh ya.

Hari ini, saya bikin sate sendiri. Walaupun nggak seenak sate-sate yang pernah saya coba sebelumnya, rasa sate ini cukup mengobati rasa rindu kepada keluarga, kepada kampung halaman, kepada semuanya.

Have a very warm Sunday!

5 comments:

  1. sateeee...
    hahaha, ane bkn fans brt sate, jeung..tp klo ditawarin mw jg dunk, apa lg klo gratisan :p

    btw soal sate n ms kcl ane dulu jg srg loh jjs sm abah trs sblm plg beli sate deh, bnr2 ms kcl yg bahagia, hehehe..

    ReplyDelete
  2. sate Ibu Soewito yang di Demang Lebar Daun itu enak banget jeung, dagingnya gede2.. bumbunya mantep.. tapi harganyaaa.. selangit! hadeh..

    waaah sate emang makanan enak dan merakyat.. apakah ente dulu sampe nggak mau pulang dari jalan2 kalo belom dibelikan sate sama abah? hihihi,,

    ReplyDelete
  3. Whakakakak....Aneh, sakit minta sate, gak makan sate malah sakit, setelah makan sate sehat. Obatnya sate ternyata. Hehehehehe....

    Te Sate...Selamat menikmati sate ya kawan. have a nice day.

    ReplyDelete
  4. hmm.. kpn2 ente plg qt cb deh sate Ibu Soewito, jeung :D

    hahaha, tp wktu ane msh kcl klo skt mintany bkn sate jeung, tp promina. agk malu2in sih tp dulu ane msh hobi mkn + minta dibeliin promina smpe tmt SD >.< suka bgt yg rasa beras merah, hihihi

    ReplyDelete