Sunday, September 11, 2011

Korean Version of Thanksgiving


Istilah thanksgiving mungkin rada nggak familiar di telinga kita. Bener sekali, di negara kita nggak ada perayaan semacem itu. Buat apa merayakannya setahun sekali? Bukannya setiap hari adalah hari untuk bersyukur dan senantiasa berbagi kepada sesama? Ehe. Pemikiran itu juga ada di pikiran saya. Melihat bagaimana warga negara lain merayakan thanksgiving dan sejenisnya, ternyata banyak sekali serunya loh. Seru banget bisa meluangkan waktu sehari buat melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga, dan pada saat itu, nggak cuman keluarga kita saja yang berbahagia berkumpul bersama, tetapi juga semua keluarga di segala penjuru negara kita. Seperti merayakan bersama seluruh warga negara.

Perayaan thanksgiving di beberapa negara ternyata nggak serentak. Misalnya, orang-orang di Canada merayakan setiap hari Senin kedua di bulan Oktober. Sementara orang-orang di United States merayakan setiap hari Kamis keempat di bulan November. Berbeda lagi di Germany, dan beda juga di beberapa negara lainnya. Seperti Korea, mereka punya hari khusus buat merayakan acara semacem thanksgiving.

Nah, beberapa tweet terakhir dari beberapa idola Korea yang saya follow di twitter nge-tweet seputar Chuseok. Seperti Lee Min Ho yang mengucapkan selamat Chuseok bagi seluruh fans-nya di Korea. Lalu beberapa anggota Super Junior yang juga menyatakan akhir dari kegiatannya di hari ini, lalu bersiap berlibur besok untuk merayakan Chuseok. Apa sih sebenernya Chuseok? (saya mau SOK berbagi info nih).

Chuseok adalah salah satu dari empat hari libur besar yang dirayakan di Korea. Biasanya dirayakan setiap hari ke-15 di bulan ke-8 berdasarkan penanggalan bulan. Nggak heran deh, kalau lihat sang idola di tivi-tivi Korea tengah mengenakan hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan, di hari Chuseok ini. Seperti yang dikenakan Super Junior.

Ini pas Chuseok beberapa tahun lalu. Saya pilih ini, soalnya mereka pas lengkap (tapi tetep kurang, nggak ada Kibum). Lebih lengkap dibandingkan Chuseok tahun ini, nggak ada Kangin, Hangeng, Heechul, bahkan Siwon sibuk dengan drama barunya.
Korean Chuseok biasa diartikan seperti perayaan thanksgiving, karena pada saat itu semua keluarga besar berkumpul untuk berbagi makanan (kalau dulu berbagi hasil panen) dan melakukan 'syukuran' bersama-sama. Apa saja yang mereka lakukan?

Pagi-pagi di hari Chuseok, masyarakat Korea menghidangkan Korean rice cake yang namanya Songpyeon dan beberpa makanan kepada para leluhur. Biasanya makanan-makanan diletakkan di sebuah meja besar dan ada semacem acara penghormatan dan persembahan yang namanya Charye. Seluruh anggota keluarga bersama-sama mendoakan para leluhur dan berterima kasih atas semua kebaikan yang telah mereka terima selama setahun ini.

Songpyeon, kue yang terbuat dari beras. Looks yummy! :D

Makanan yang disajikan di acara Charye.

Setelah Charye, biasanya masyarakat Korea mengunjungi makam para leluhur mereka. Mereka melakukan kegiatan yang namanya Bulcho, yakni membersihkan makam dari rumput dan semak yang mengganggu. Beberapa makanan juga dipersembahkan ke makam leluhur mereka. Nah, bagi para warga yang usil, ini adalah kesempatan banget bukan? Kesempatan untuk ngembat makanan gratisan di sana-sini. Kekekekek.

Setelah kegiatan-kegiatan tersebut selesai, masyarakat Korea biasanya bermain bersama keluarga mereka. Bermain go-stop, atau permainan-permainan keluarga lainnya. Atau bisa juga mengunjungi tempat-tempat umum untuk menonton beberapa permainan dan tarian tradisional.

Salah satu tarian yang dipentaskan di hari Chuseok adalah tari Ganggangsullae, dimana beberapa perempuan mengenakan hanbok, lalu menari dan menyanyi bersama. 

Beberapa perempuan mementaskan Ganggangsullae di hari Chuseok.
Wah jadi pengen menyaksikan dan ikut merayakan Chuseok di Korea. Biasanya sehari sebelum sampai sehari setelah Chuseok dijadikan sebagai hari libur nasional. Sebagian besar toko juga tutup, mengingat semua warganya pengen berkumpul bersama keluarga. Orang-orang Korea yang berada di luar Korea kemungkinan besar juga pulang ke kampung halaman mereka lho. Waah, pasti sekarang di Korea lagi rame banget ya!

Well, happy Chuseok for all Korean citizen! ^__^


2 comments:

  1. Happy Chuseok, jeung!
    walaupun di negara kita nggak ada tradisi kayak gini tp ambil positifnya aja yaitu saat dimana semua anggota keluarga berkumpul bersama, saling memberi n slg berbagi! Pallliii...kita harus mampir nih kerumah eomma-appa Cho! XD

    ReplyDelete
  2. katanya kita diminta dateng buat nari ganggangsullae jeung.. kekekekek.. ayoh, ambil dulu hanbok yang di jemuran.. :D

    ReplyDelete