Wednesday, August 17, 2011

The n-th Time Dilemma

Lagi-lagi saya sedang dilemma. Dilema yang ke-n kalinya. Aneh ya, sebagian besar postingan-postingan saya, kalo nggak pas lagi jalan-jalan, labil, dilemma, ya seputar drama Korea. Nggak penting. Hihihi.

Dilemma kali ini tentang pokok utama research saya nanti. Ehem, malu sama temen-temen yang sama-sama mulai kuliah 2010 tapi udah hampir selesai research-nya, sementara saya, judul aja masi belepotan. Bingung menentukan, apakah nanti desain pembelajaran, atau desain seputar assessment yang baik dan benar. Dan assessment itu sendiri cakupannya luas. Apakah membuat soal yang bisa mengukur kompetensi siswa lalu melihat bagaimana hasil belajar siswa. Ataukah membuat soal untuk menilai proses pembelajaran. Ataukah membuat soal untuk melihat proses berpikir siswa. Gyaa, saya sendiri juga belum punya cukup pengetahuan mengenai assessment. Mangkanya saya penasaran pengen tau.

Pengennya sih research yang berkisar assessment. Mungkin bisa mengkombain antara desain dan assessment dalam meng-assess proses berpikir siswa. Yang bikin nggak maju-maju, sumber-sumber yang mendukung belum saya kumpulkan. Seringkali saya juga berpikir, saya ingin memberikan kontribusi sedikit buat matematika realistik di negara kita. Assessment yang pake label realistik gimana kira-kira ya? Kalo bisa sih, pengen mendesain assessment dengan tugas-tugas yang realistik, juga didukung oleh classroom environment yang menggiring siswa dalam menyelesaikan berbagai masalah realistik, lalu kemudian menganalisis proses berfikir siswa dalam menyelesaikan berbagai problem realistik yang barusaja didesain. That sounds great, but that needs a lot of work to do.

Pengen juga mendesain pembelajaran realistik yang simple tapi bermakna. Biar ada kontribusi buat matematika realistik gitu. Pembelajaran yang kaya, memberikan ruang bagi siswa untuk menemukan kembali the big ideas di matematika, mudah dipahami, sertaaaaa menggunakan konteks realistik yang menarik dan belum pernah terlintas di pikiran orang-orang. Tapi apa? Ide itu juga nggak terlintas di pikiran saya. -_-"

Mudah-mudahan ada yang lewat dan bisa membantu saya. Atau, mudah-mudahan banyak yang mendoakan saya untuk tetap semangat dan segera menemukan jalan yang baik dan benar. Kekekek.

Selamat berpuasa, selamat mengikuti upacara kemerdekaan Indonesia.

2 comments:

  1. Omooo, sy blm2 udh pusing bc tulisan ente kali ini, jeung. apalagi ttg researchnya! hahahaha

    semangat, jeung!
    berusahalah yg keras,
    biar sukses,
    cpt pulang,
    nntn SS4 sama2!
    horeeeee!!!

    ReplyDelete
  2. makasih Jeung..
    betul, hanya dengan SJ dan membayangkan SS4 di Linggau ane udah merasa tentram, bahagia, damai, sejahtera.. hihihi.. beneran lho, 2 atau 3 hari yang lalu ane mimpi jadi guide para anggota SJ yang mau konser di Linggau.. dalem mimpi ane, ente udah berteriak-teriak minta ditunjukin kamar hotel tempat mereka menginap.. hihihi.. lucu ya kalo beneran terjadi.. :D

    ReplyDelete