Wednesday, August 10, 2011

Mbak Kepada Adiknya

Browsing-browsing seputar member terbontot Super Junior, Kyuhyun, saya nemu postingan dari livejournal ini (yang postingannya juga nemu dari postingan lain, yang postingan lain itu juga nemu dari sana-sini). Keasliannya mungkin rada diragukan, mengingat postingan itu nemu dari postingan yang nemu untuk yang keberapa lagi, dan juga bukan postingan asli karena udah dialihbahasakan dari bahasa aslinya. Tapi isinya bagus. Makanya saya post disini (ups, bagus disini artinya nggak jelas ya, mengingat postingan-postingan yang dipos sebelumnya sebagian besar isinya nggak jelas).

Postingan di jurnal yang saya temu itu berbahasa Inggris, postingan aslinya kemungkinan besar berbahasa Korea karena diambil dari cyworld berbahasa Korea milik mbaknya si member terbontot itu. Postingan di jurnal itu udah lama di post, tertanggal 23 Agustus 2008. Kabarnya postingan aslinya diposkan sekitar Mei 2008. Sebenernya saya ingin menerjemahkan ke bahasa Indonesia saja, tapi kok kedengerannya aneh dan jadinya kurang menyentuh. Baiklah, saya copy ulang saja dari jurnal tersebut, tetap berbahasa Inggris. Semoga postingan ini bisa 'menyentuh' hati mbak-mbak yang sedang jauh dan rindu sama adiknya.

At 5.55am in the morning, I was awoken by the "smile" ringtone…(lol, its Kyu's Smile, so sweet)

Kyu: Sister~ 
Sis: Oh… Oh!!! What are you doing? Are you sleeping? How’s everything? Are you feeling unwell? Are practices tiring for you?
Kyu: You’re sleeping? Oh. Its nothing. Don’t worry. I’m working very hard. It’s okay. 
Sis: I’m awake now. What happened? Are you unwell? Are you tired? Why did you call for? 
Kyu: Nothing, I just wanted to call. Nothing, there’s nothing. I just wanted to call back. 
Sis: Is it hard living in China? 
Kyu: Yeah, its tiring. 
Both: ………. (silence) 
Sis: Fighting! 
Kyu: Sis, fighting! 
Sis: I miss you 
Kyu: Hmmm… 
Sis: Love you! 
Kyu: Me too! 

Using a dry voice with a dry tone, on the surface, the seemingly unfeeling you keep many things to yourself, but you’ve said warm words that are so good to hear… I broke down with tears that are hard to hide, and almost overflowing from my heart.
You’re tired right? But who will understand? Those who haven’t been through all these will surely not understand. Although we might not be able to be as close and talk about everything, but I understand you every little bit. Even if its like that, I feel very fortunate already.
Who will truly know about that type of thing?I know. I know. It’s alright. So, it’s okay.It doesn’t always mean that I must understand your current feelings, but you already felt it and said you understood me. And with that… my heart is in pain. If only we could live our whole life not knowing anything…both of us not faking anything, just like in the past where we had no troubles, you do what you wanted and I did what I wanted, for you, for me, and joking with each other with no worries at all… just because it was funny and we played around with each other…
Comparable to other siblings, what’s even more special is that you’re thinking of your sister. For other people’s handsome brother, my brother thinks that his sister is the prettiest. The both of us treasure each other more than anyone else. Our parents who have brought us up, have given us more love as compared to others in our growing up years, which have now turned into memories…
For now, with just a word of “Fighting!”, I have understood everything. My strength is recharged. I thought of your bright smile… You and Me, but just like that we got separated. Those who can’t see (the truth) would probably think it’s great… but what about us? Who have never fought before since we were young? Separation needs some getting used to, but it’s definitely just not like that.
I miss you.
I really miss you. I want to see your smile. You were like that too this morning, right?
Credits: http://superduperlove.wordpress.com 


Ternyata begitu ya, kerinduan yang melanda idola yang kita rindukan kehadirannya di panggung hiburan. Mereka rela tidak berkumpul bersama keluarga. Di lain pihak, berjuta dari para fans-nya mengelu-elukan kehadiran sang tokoh untuk menampilkan yang terbaik di atas panggung. Mereka berlatih bahkan mulai dari berbulan-bulan sebelumnya. Menangguhkan waktu berkumpul bersama keluarga untuk menghibur kita semua. Satu bulan nggak ngupdate akun jejaring sosial aja udah dikomen untuk segera mengupdate kabar. Apa kita, para fans, begitu ingin tahunya sampai-sampai para idola yang sedang tidur sebelum show pun ikut direkam dan difoto? (wah, menggebu-gebu sekali ya)


Sangking rindunya, si adik menelpon mbaknya walau hanya untuk bertanya kabar. Berkata 'baik-baik saja' padahal dalam hati ingin berjumpa. Betapa sedikitnya waktu bagi mereka untuk berkumpul bersama, bahkan sekedar berkeluh-kesah pun tak bisa. Di pihak lain, si mbak juga merasakan rindu yang sama.. If only we could live our whole life without knowing anything.. just like in the past when we had no troubles..


Terkadang, bilang rindu itu nggak gampang. Mungkin kita bisa dengan biasanya bilang kangen, rindu, sayang, kepada teman kita. Seperti yang sering saya lalukan kepada temen-temen perempuan saya. Tapi menghadapi beberapa orang, rasa kangen, rindu, sayang tidak bisa diucapkan dengan biasa. Terkadang saya harus menyelipkan humor di kata-kata saya. Terkadang saya harus menambahkan kata benda lainnya, seperti "Waah jadi kangen sama masakan Ibu" sebagai ganti dari "Waah jadi kangen sama Ibu". Terkadang lagi, saya sebisa mungkin mengobrol biasa dengan ceria serta bersemangat membara (bukan lewat video call) padahal mata saya udah berkaca-kaca sangking rindunya. Di lain waktu, saya hanya bisa membaca-baca SMS atau mengingat-ingat momen paling membahagiakan waktu saya bersama orang-orang yang saya rindukan, lalu tidur berguling menghadap dinding.

Dengan adik pun demikian. Jika ada yang bertanya, apakah kamu sayang dengan adikmu? Maka saya akan menjawab, "Ya, dia satu-satunya saudara kandung yang saya punya."

[Sadar ke realita] Haduh, nggak tau kenapa tiba-tiba saya rindu kepada Ibu, Bapak, dan adik saya. Kalian semua yang jauh dari keluarga tentu merasakan hal yang sama. Walaupun kalian jauh dan hampir tidak memiliki waktu yang tepat untuk berkomunikasi, sempatkanlah. Luangkanlah waktu sedikit saja untuk menghubungi mereka. Dengan begitu, kalian akan memiliki kekuatan baru meskipun harus lebih lama berdampingan dengan rindu-rindu itu.

6 comments:

  1. Huweee..
    iya ya, slama ini aq jg cm mkrin si kyu kyu kyu, g smpe mkr mgkn saat dy berada d panggung, lg nyanyi, atw dance sbnrny dy lg sdh gr2 kangen sm keluarganya. mianhae, Kyu... :(

    tp sbnrny qt sm kok jeung, aq kan jg udh tggl pisah sm ortu smnjk msk SMA. klo d pkr2 wktu qt ktmu itu cm bbrp hr dlm setahun, bayangkan! Kdg jg pas lg sediih bgt, pgn cerita tp g bs tkt mrka khawatir, jd cm nlpn brsha trdgr ceria pdhl udhny nangis, hikzz..

    semangat, jeung!
    ini ada aq, tmn senasib seperjuangnmu, jg kyu qta yg unyu! hihihihi

    ReplyDelete
  2. iya betul, sebagai penggemar yang baik hati nan rajin menabung, kita harus memikirkan bagaimana perasaan idola kita juga.. semoga Kyu tetep semangat dan nggak sedih..

    yah, ini juga salah satu proses menuju kedewasaan Jeung.. belajar mandiri namun kadang-kadang tetep ingin dimanja.. #apasih hihihi

    ReplyDelete
  3. nah dak tahu ngapo galak aq sm postingan du ni sev...

    polagi percakapanyo..

    mantep..

    ReplyDelete
  4. bnr, sbg fans yg jg suka menari dan rajin menyiram tanaman qt pun hrs maklum klo suatu waktu kyu g iktn kegiatan grup atw prseorangan, kali aja kyu lg mw mudik ke PLG! hihihihi

    ReplyDelete
  5. @Farid, iyolah, cuman postingan-postingan bagus yang dipos disini..

    @Kyunie, wah ente belom tau ya, lebaran nanti Kyu mudik ke Palembang.. siap2 yak.. katanya nanti dia mau 3 hari di rumah ane, 3 hari di rumah ente.. hihihi

    ReplyDelete