Monday, October 11, 2010

Daily Story Today - 2

Hmpfh. Seharusnya hari ini kuis AA. Saya dan teman-teman se-mess sudah belajar bersama sehari sebelumnya. Namun entah lupa, entah bagaimana, dosen AA kembali menggilir kelompok di dalam kelas untuk mempresentasikan tugas yang minggu lalu belum selesai dipresentasikan seluruh kelompok. Termasuk kelompok saya.

Diskusi tiap-tiap kelompok berlangsung seperti biasa. Ada sesi diskusi. Dua kelompok terakhir membahas materi yang berbau permutasi. Namun sepertinya anggota kelompok terseut belum mempersiapkan secara optimal. Tibalah sebuah pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa yang bersuara paling keras di kelas. Kasar memang. Dan ternyata kekasaran dalam kalimat-kalimat yang diutarakannya itu menyinggung perasaan salah satu mahasiswa anggota kelompok yang presentasi.

Hem. Mari bercermin pada diri sendiri. Mungkin salah seorang teman yang bertanya tidak sadar telah berkata 'kasar'. Tidak sadar. Pernahkah saya secara tidak sadar melakukan sesuatu yang tidak berkenan di hati banyak orang?

Ya. Hati-hatilah dalam berbicara. Hati-hatilah dalam bertindak. Hati-hatilah dalam segala urusan.

---

Cerita lain.

Sepulang kuliah AA, beberapa dari kami berkumpul lagi di shared room di mess. Entah bagaimana, pembicaraan kami bisa berlari menuju 'bagaimana memilih calon istri/suami yang baik'.

Beberapa diantaranya yang dibicarakan adalah kemampuan memanage keuangan dan kemampuan memasak. Ough. Memalukan, ketika bercermin ke diri sendiri. Malu ketika menyadari betapa hematnya teman-teman di mess dalam mengelola keuangan terkait dengan memanage pola makan. Lagi, ketika saya mengetahui bahwa beberapa di antaranya telah berusaha mandiri, seperti tidak mengandalkan kiriman orang tua untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan saya?

Pertanyaan baru sekarang: bagaimana cara meningkatkan kualitas diri? Kembali mengingat bahwa kualitas perempuan berbanding lurus dengan kualitas laki-laki yang kelak akan bersanding menjadi pendampingnya. Ayo perbaiki kualitas diri! :D

No comments:

Post a Comment