Sunday, October 10, 2010

Are You Moslem, Guys?

Well, seberapa muslimkah Anda, fellas?

Mari kita sejenak bahas tentang ini, namun tentu saja dalam sudut pandang Muslim yang bisa dibilang awam untuk berbicara tentang Islam secara integratif.

Saya muslim. Sejak saya tahu apa itu agama, yang saya tahu hanyalah ada Islam, karena kedua orang tua saya Islam, dan saya tidak pernah diberi kesempatan untuk memilih apa agama saya sejak dulu. Saya terlahir dalam keluarga Islam, saya beragama Islam, dan Insya Allah akan terus Islam. Amin.

Sudah sejak kecil "inyis-inyis" saya tahu saya Islam. Ingat dulu, bahkan sebelum masuk sekolah dasar, saya sudah belajar mengaji di TPA yang, untuk saya yang dulu masih kecil, bisa dibilang jauh. Namun mengapa pengetahuan tentang Islam yang saya miliki terasa tidak berbekas? Tidak ada.

Kaget. Lihat postingan saya sebelumnya? Hampir jam delapan pagi pun saya belum beranjak dari kamar. Sekarang hampir sembilan, sementara perut saya menagih jatah sarapan pagi. Saya membuka kunci pintu kamar, lalu beringsut menuju water dispenser di shared room. Beberapa detik saat gelas saya tengah diisi plain water, saya melihat salah seorang teman tengah sholat di shared room tersebut. Allah, ini waktu Dhuha. Betul?

Coba ingat, kapan terkahir kali Anda sholat Dhuha? Kapan saya sholat Dhuha? Berapa rokaat sholat Dhuha? Apa kegunaan sholat Dhuha? Kapan waktu Dhuha? Jawabannya: saya tidak tahu.

Well, tadi malam saya mendengar teman saya di mess berniat puasa hari ini. Tanggal berapakah ini? Satu Dzulhijah bukan? Ada apa di satu Dzulhijah? Jawabannya lagi-lagi: saya tidak tahu.

Banyak sekali pengetahuan agama yang saya tidak tahu. Mau saya beritahu apa anak-anak saya nanti, Ya Rabb? Sungguh, saya ingin tahu. Bukan hanya ingin tahu. Saya ingin sekali tergerak untuk melakukannya.

Mengapa orang tua saya tidak memberi tahu? Mengapa mereka memilih mengirimkan saya ke TPA, bukan mengajari saya sendiri dengan pengetahuan yang mereka miliki? Tapi, mengapa selama ini saya tidak bertanya?

Hanya sebatas kewajiban. Ya, saya sebagai Muslim wajib menjalankan sholat lima waktu, wajib berpuasa di bulan Romadhon, berzakat kepada sang fakir, apa lagi? Hanya itukah yang saya ketahui? Hanya sebatas wajib.

Saya malu. Sungguh sangat malu. Bagaimana mungkin saya mengharap seseorang yang baik sementara saya sendiri tidak cukup baik?

How 'bout you? Are you moslem?

No comments:

Post a Comment