Sunday, July 31, 2011

Zomer Vakantie ~ Paris Ceria

Bulan July dan Agustus emang bulan yang sangat ditunggu-tunggu sama sebagian besar orang Eropa. Dua bulan itu adalah bulan liburan sekolah atau kuliah yang bertepatan dengan musim panas. Waktu yang tepat buat berlibur.

Nggak kalah sama orang-orang Eropa, saya dan temen-temen juga pengen ngerasain rasanya liburan musim panas di Eropa. Liburan musim panas kali ini dibagi menjadi dua bagian utama: Paris ceria, dan Italy menggila (apa coba).

Paris (18 July - 20 July 2011).

Musim-musim liburan gini, Paris menjadi tempat yang nggak pernah sepi. Tempat-tempat wisata dipadati banyak pengunjung yang rela antri sampe kehujanan. Antrian panjang, masuk museum berdesak-desakan, naik metro timpuk-timpukan. Suasana yang rame begini, pesen Bang Napi harus selalu diinget, "Waspadalah, waspadalah!"

Bagaimana transportasi di Paris?

Ada berbagai sarana transportasi umum yang bisa digunakan untuk bepergian di dalam kota Paris. Ada bus, tram, kereta, dan metro. Untuk mencari transportasi apa yang dipake dari satu tempat ke tempat lain, bisa dilihat di web ini. Kalo ingin berkendara sambil melihat-lihat isi kota, mending naik bus aja, soalnya sebagian besar trayek yang dilalui metro berada di dalem tanah. Nggak bisa liat apa-apa selain orang-orang yang berjubel, berebut, dan bersikut-sikutan di dalem metro.

Gini ni bentuknya metro.

Trayek yang dilalui Metro 3, dari Gallieni Bus Station



Suasana di dalem metro (pas lagi sepi)

Gini tandanya, kalo di bawahnya ada metro stop

Beli tiket metro pake mesin beginian

Sortie itu bahasa Prancisnya Exit, di metro station banyak banget deh tulisan sortie :D

Ini jalan metro di stasiun Kleber

Gini nih bentuknya metro

Ada apa aja di Paris?

Menara Eiffel pastinya. Bagi yang belum pernah melihat langsung menara Eiffel, melihat langsung menara ini adalah salah satu keajaiban dunia (halah). Namun bagi yang udah tiap hari melihat, ada yang bilang menara ini tak lebih dari tumpukan besi-besi berkarat. (huhuhu, teganya orang-orang yang berkata gitu). Tapi benar teman, rangka menara Eiffel sudah terlihat berkarat! Ayo, bagi yang nggak tau mau liburan kemana, mending ke Paris deh, nggosok menara Eiffel sampe kinclong!

Bagi yang suka berwisata di museum, ada banyak sekali museum terkenal di Paris, salah duanya adalah Musee de Louvre, museum yang ada lukisan Mona Lisa yang katanya cuantik banget itu, dan Musee de Orsay. Sayangnya kalo di dalem museum, nggak boleh poto-poto, hihihi. Oya, bagi para pengunjung yang adalah warga uni-Eropa dan masih di bawah 25 tahun, sebagian besar tempat-tempat wisata berbayar gini (seperti museum ini), bisa dimasukin tanpa biaya, alias gretong! Termasuk saya, gratis-tis-tis!

Lalu jangan lupa juga ke Arc de Triumph, alias gerbang kemenangan yang terletak persis di jantung kota Paris. Ini adalah bundarannya kota Paris, dimana terdapat lebih dari 6 perpotongan jalan disana (lupa ngitung).

Agak jauh ke Barat Daya dari pusat kota, ada Istana Versailles, tempat tinggal raja-raja Prancis pada masanya dulu. Istana dan tamannya luaaaas banget. Katanya kalo mau mengelilingi tiap-tiap taman dan tiap-tiap sudut istana, nggak cukup seharian penuh jalan kaki. Egile aje.

Lalu kemaren saya dan rombongan mampir buat poto-poto sebentar di sekitar Universitas Sorborne, yang beberapa kali disebut di tetralogi Laskar Pelangi itu loh.

Lalu ada juga Pantheon. Itu adalah temple yang ceritanya dibangun untuk didedikasikan kepada para dewa yang menjadi kepercayaan orang-orang disana. Trus juga jangan lupa ke Sacre Coeur, itu adalah gereja yang terletak di tempat tertinggi di kota Paris. Jadi dari sana, seluruh kota Paris bisa terlihat dengan jelas kalo pake teropong (kalo pake mata telanjang, paling menara Eiffel cuman keliatan garis doang) :D

Eiffel sore-sore mendung

Eiffel malem-malem

Patung Thomas Jefferson

Ngantri di Musee de Orsay

Pemandangan Notre Dame Cathedral di belakangnya

Arc de Triumph sore-sore

Pantheon sore-sore mendung

Ini bukan London Eye loh ya..

Musee de Louvre

Sorborne University

Gerbang Versailles

Di dalem Istana Versailles

Taman Versailles

Taman Versailles juga

Taman Versailles lagi

Istana Versailles dari depan

Sacre Ceour

Apa lagi ya?
Hmm, jangan lupa bawa gembok kalau pergi ke Paris. Bukan buat menggembok koper. Oke, koper juga perlu digembok. Gembok ini tujuannya buat digembokkan di pinggir-pinggir jembatan. Salah satunya di jembatan deket patung Jefferson itu. Tujuannya, biar nama pasangan yang dituliskan di gembok itu bisa tetep abadi selamanya (cailah).

Jangan lupa tulis nama dan nama pasangan

Penuh rek.. Sepanjang jembatan..

Tiga hari di Paris ternyata kurang, teman. Apalagi satu hari penuh diguyur hujan, lalu 3 hari selama disana juga nggak kena cahaya matahari yang panas. Belum sempet berwisata ke Disneyland, belom sempet berwisata kuliner yang murah disana, belom sempet berwisata belanja (ealah), belom sempet ngecengin bule Paris. Aaah, I really want to go there again!

2 comments:

  1. Paris keren banget, jeung.
    kpn sy bs kesana?? huhuhu..
    btw klo di taman istana versailles g blh foto2 y? kok kalian g foto2 dsna??

    ReplyDelete
  2. wah sebenernya buanyak foto-foto yang di-take disana.. ane juga baru sadar, kok nggak ada satupun muka ane di gambar yang diupload di postingan ini.. ntar deh ditambahin jeung.. hehehe..

    ayo, kita nabung, nanti suatu saat kita jalan2 juga.. kalo nggak di paris yang sebenernya, ke paris van java juga gapapa deh.. hihihi

    ReplyDelete