Monday, July 4, 2011

Dek Bryan Mau Kuliah

Masi inget dong sama Bryan, adek saya satu-satunya yang ngaku-ngaku paling ganteng sedunia. Tahun ini dek Bryan lulus SMA. Lalu seperti siswa-siswa kebanyakan, dia juga ikut tes masuk perguruan tinggi.


Wah, saya nggak bisa menyaksikan langsung momen-momen kebahagiaan itu. Lulus, lalu masuk kuliah.

Cita-cita dek Bryan emang nggak muluk-muluk kok. Jadi orang sukses aja (wah, jadi sukses sih muluk banget kayaknya yak). Seringkali dia 'diiming-imingi' Bapak untuk menekuni bidang perikanan. Lalu dia dengan mudah tergoda. Beberapa kali saya juga pernah bercerita lebay tentang enaknya belajar di luar negeri. Lalu dia juga dengan mudah terpesona. Mungkin sadar kemampuan, mungkin juga males mikir susah buat ke depan, akhirnya dek Bryan memutuskan untuk menerima program studi yang jadi pilihan ketiganya di tes masuk perguruan tinggi.

Dek Bryan ambil program IPC, milih 2 jurusan IPS dan 1 jurusan IPA. Pilihannya yang pertama adalah pendidikan bahasa Inggris (karena tergoda belajar ke luar negeri), kedua budidaya perikanan (tergoda bidang perikanan), dan ketiga pendidikan PKn (menurut dia nggak susah). Setelah pengumuman (seperti yang sudah saya bilang tadi) dek Bryan lulus di PPKn!

Sebenernya masih ada kesempatan untuk bisa diterima di pilihannya yang pertama dengan mengikuti tes masuk program ekstensi. Tapi dek Bryan tetep milih PPKn, yang pasti-pasti aja (pasti lulus) dan nggak susah lulusnya nanti (gitu katanya). Wah, sayang banget ya. Kalo menurut saya sih, PPKn itu malah lebih susah. Saya ngebayangin nanti ada beberapa tumpuk kitab-kitab hukum pidana, perdata, dan sebagainya dan sebagainya. Ngapalin isi undang-undang-yang-nggak-banget-buat-saya.

Mengingat-ingat dulu waktu belajar bareng di meja makan, Dek Bryan luas banget pemahaman tentang sejarahnya. Tanyain deh, seluk beluk kerajaan Hindu pertama di Indonesia, silsilah keluarganya, lalu hubungannya dengan kerajaan-kerajaan lain di Indonesia. Lalu tentang cerita di balik perjuangan Indonesia untuk merdeka. Siapa itu laksamana Jepang yang membantu Indonesia merdeka. Lalu baru-baru ini, waktu saya main-main ke Antwerp Belgia, saya kirim SMS ke Dek Bryan, ngasi tau kalo saya lagi di depan rumahnya Franklin D. Roosevelt (soalnya bangunan di depan saya waktu itu dikasi nama Franklin D. Roosevelt, yang saya kira kediaman tetap beliau itu), lalu saya malah dibego-begoin, soalnya beliau itu orang Amerika #nutupinmukapakesarung

Ah, dek Bryan yang mau kuliah, saya yang ribut. Saya masi belum rela aja temans. Ya, saya tau, dia sendiri yang memutuskan untuk kuliah disana. Dia sendiri juga yang mau menjalani. Dia sendiri yang punya rencana ke depan nanti. Lalu saya bisa apa?

Ah, semoga sukses, semoga diberikan kemudahan dalam kuliah dan dalam berkarir nanti. Semangat!

2 comments:

  1. chukae buat Brian!
    Aahh, dia bnr2 pemuda nan polos yg mudah terkesima, yak! so cute.. tp mgkn PPKn inilah yg bnr2 udh jd jalanny, jeung. Just believe him :D

    ReplyDelete
  2. Iya jeung.. Mungkin itu yang terbaik buat dia.. kita hanya bisa mendoakan yang terbaik ke depannya nanti.. hihihi :D

    ReplyDelete