Wednesday, July 13, 2011

DEC-degan

Di semester ini ada satu mata kuliah yang tiap mau masuk selalu bikin olahraga jantung. Jantung saya seperti dipompa lebih cepat, bahkan sejak H-2 dari pertemuan mingguan satu mata kuliah itu. Gila aja, tugas mingguannya ampun gila. Buanyak. Dan yang lebih nyeremin dosennya. Beliau tipikal dosen yang berpandangan constructivism banget. Dia nggak akan memberikan jawaban yang benar sebelum siswanya membangun sendiri pengetahuannya dan menemukan sendiri jawaban yang benar. Itu bagus. Tapi kadang nyebelin #teriaksambilmengepalkantangan

Namanya Designing Education Course, singkatnya DEC. Beneran deh, mata kuliah satu ini bikin deg-degan, DEC-degan. Inget dong, Februari dulu sebelum berangkat kesini, ada satu masalah dengan visa saya, sehingga keberangkatan ditunda. Sementara kuliah disini jalan terus. Jadi kami ketinggalan dua kali pertemuan untuk mata kuliah DEC ini. Sebagai gantinya, di akhir semester ini kami harus membayar pertemuan-pertemuan yang belum lengkap itu. 

Oke, karena DEC ada di block ganjil, which is berakhir 3 bulan yang lalu, dan di block genap kali ini saya juga menempuh 4 mata kuliah yang ajegile juga susahnya, akhirnya pertemuan DEC yang belum lengkap itu dilengkapkan minggu ini, tepatnya Jumat nanti, setelah 4 mata kuliah di block ini berakhir dua minggu lalu. Berhubung hari Senin nanti saya dan temen-temen sudah berangkat berlibur (ahey, Paris I'm coming), pertemuan untuk DEC dipadatkan di hari Jumat. Jadi akan ada dua pertemuan di hari Jumat besok. Padahal semestinya perkuliahan sudah harus berakhir Minggu lalu (udah libur summer) #jangansedih

Dan seperti biasa, sang dosen penganut aliran constructivism itu sudah mengirimkan tugas-tugas yang aduhai banyaknya. Tentu harapannya bukan sekedar mahasiswa-mahasiswa asuhannya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang beliau kirimkan, menulis report, dan mengobservasi minilesson saja, melainkan kami ini harus memiliki pemahaman yang MENDALAM dari materi-materi yang dibaca atau ditonton. Sangking dalemnya sampe nggak bisa naik ke permukaan lagi gimana?

Yang membuat saya terharu, temen-temen pada kompak buat ngadain belajar bersama. Acara belajar bersama sudah dicetuskan sejak hari Senin kemarin, lalu sudah dilaksanakan dari hari Selasa kemarin. Jadwalnya dimulai pukul 10 pagi, belajar selama 2 jam sampai 12 siang, lalu dilanjutkan lagi 14.00 - 16.00, lalu dilanjutkan lagi 18.00 - 20.00, rutin dari Selasa, Rabu, hingga Kamis. Mantep kan?

Yah, hari Jumat sebentar lagi. Doakan saya lulus di mata kuliah DEC ini ya teman. ^_^

3 comments: