Friday, January 7, 2011

Masalah Foto

Kali ini foto bikin masalah..

Jadi ceritanya, akhir Desember lalu kami mengirimkan file-file ke NL. Terkait dengan file pembuatan students VISA dan students form di kampus. Ternyata ada beberapa masalah di foto dari beberapa mahasiswa. Persyaratannya, foto harus berukuran 35mm x 45mm, jarak antara telinga kiri dan kanan 16-23mm, jarak antara dahi dan dagu 21-30mm, berwarna, background putih, biru, atau abu, dan hanya boleh satu warna (background-nya), foto terletak tepat di tengah, tidak boleh miring, dengan ekspresi wajah yang tidak dibuat-buat, tidak terlalu banyak manipulasi (terkesan tidak alami), wajah dengan jelas terlihat, tidak ada bayangan yang menutupi sebagian wajah, foto dengan kontras warna yang baik, jika memakai jilbab, jilbab tidak menutupi muka, tidak berbayang, dan sebagainya dan sebagainya.

Saya bingung. Menurut saya, foto yang sudah saya kirimkan baik-baik saja. Namun setelah mengamati lebih detil dan mencari-cari kesalahan sendiri, saya menemukan bahwa jarak antara batas jilbab kiri dan kanan hanya 15mm, terdapat bayangan jilbab sedikit di dahi kanan, dan selebihnya karena muka saya yang terlalu cantik dikira manipulasi. Kalo gitu, nanti om fotografernya saya suruh memanipulasi sekalian, supaya saya keliatan agak jelek. Hihi.

Saya lalu komen-komenan dengan Mas Badrun, yang mengaku bahwa fotonya juga baik-baik saja. Ini dia fotonya.



Lalu ini komentar saya:

Assalamualaikum Mas Badrun yang ngaku-ngaku cakep,

Setelah saya cermati foto Anda, Anda adalah orang dengan alis mata lebat, mata juling, hidung bengkok, dan muka mirip koala. Orang dengan tipe wajah seperti itu cenderung memiliki sifat suka ngupil, suka tidur sembarangan, dan sering ngaku-ngaku cakep (mirip banget dengan sifat-sifat Anda).

Hahaha

Jadi begini Mas, menurutku sih fotonya terlalu banyak manipulasi. Liat aja, mukanya keliatan ga alami, trus dahinya (mungkin karena kebanyakan ngolesi minyak goreng) jadinya kayak ada pantulan sinar lampu foto. Saran saya, Mas Badrun foto lagi dengan background abu-abu, minta nggak terlalu banyak ngeditnya, dicetak dengan lebih mengekspos mukanya, jadi memenuhi ukuran dari kuping kiri ke kuping kanan, juga ukuran dari dahi ke dagu. Jangan pake minyak goreng lagi buat minyak rambut. Jangan sampe ada bayangan saat foto.

Itu saja.

Semoga sarannya bermanfaat dan salam olahraga!

Salam, Septy yang cantik dan baik hati.

 NB: Bukan bermaksud mengekspose foto Mas Badrun yang jelek, postingan ini sekedar buat guyon :D

No comments:

Post a Comment