Sunday, September 19, 2010

The Score

Hallo, happy Eid Al-Fitr folks. Holy Day this year brings so many good news. So far, the best one is about the result of my IELTS. Alhamdulillah, I get six-point-five which means enough.

Tidak terlalu muluk, sebelum pengumuman, membayangkan mendapatkan 6.5 saja saya sudah merasa sangat tidak pantas. Berdasarkan pengalaman latihan, skor listening dan reading saya adalah skor yang sangat tidak konsisten. Saya bisa saja mendapatkan 5, namun beberapa jam kemudian saya mendapat 7 saat latihan dan koreksi sendiri. Writing saya tergolong pas-pasan. Saya merasa kurang memberikan banyak informasi saat menulis di tes bagian dua. Dan speaking, saya rasa it is the worst part of my test.

Sebaran skor tiap bagian belum saya terima. Hanya saja, salah satu teman memberitahu bahwa saya mendapatkan 6.5. Ada tiga teman lain yang juga mendapatkan skor yang sama dengan saya. Sementara 9 teman lainnya berkisar antara 5, 5.5, atau 6.

There is one person who gets 5. Sedih sekali mendengarnya.

Ada dua opsi untuk mendapatkan beasiswa kerjasama kuliah di negara kincir angin (dalam hal kemampuan Bahasa Inggris, dilihat dari IELTS dan ITP TOEFL). Pertama, memenuhi persyaratan pemberi beasiswa, IELTS 5.5. Kedua, memenuhi persyaratan kampus yang dituju, IELTS min. 6.5 atau ITP TOEFL min. 580.

Berarti ada dua cara untuk berangkat, mendapatkan skor IELTS 6.5, atau mendapatkan skor IELTS min 5.5 dan ITP TOEFL min. 580.

Teman-teman yang belum mencapai IELTS 6.5 namun sudah melalui 5.5, mendapat kesempatan untuk mengikuti tes ITP TOEFL tanggal 23 September nanti. Mudah-mudahan mereka dapat melaluinya Ya Rabb.

Bagaimana dengan salah satu teman saya yang mendapatkan IELTS 5?

Sayang sekali, secara persyaratan dia tidak memenuhi persyaratan dari penyedia beasiswa. Kalaupun skor ITP TOEFL-nya nanti 580, saya khawatir dia tidak mendapatkan beasiswa. Sedih sekali mengetahui bahwa peluangnya pergi lebih kecil dari saya dan teman-teman yang lain.

Hemm. Saya tetap akan mengikuti tes ITP TOEFL (karena saya sudah membayar, hihihi). Semoga skor kali ini lebih besar daripada skor saya bulan lalu, 570. Semoga mencapai 580. Semoga teman-teman saya yang mengikuti tes lainnya juga mencapai 580. Amin.

Mengkhawatirkan mengingat syarat jumlah minimal mahasiswa yang pergi adalah 10. Menyadari sampai saat ini, baru lima orang yang memenuhi syarat berbahasa Inggris.

No comments:

Post a Comment