Friday, September 24, 2010

Happy Amazing Birthday

You're about to be 22, but you are still your Mom's little daughter.

Bukan lagu selamat ulang tahun dan tepuk tangan riuh di depan kelas yang mungkin akan kamu dengar esok, teman. Itu dulu. Tahun pertamamu di sekolah dasar, bersama puluhan temanmu sekelas, menyanyikan lagu selamat ulang tahun, membagikan kue, serta bersalaman dengan tangan-tangan kecil teman-temanmu.

Mungkin juga bukan foto di studio bersama kakek nenekmu. Seperti dulu lagi sebelum kamu masuk sekolah. Nenekmu akan memakaikanmu gaun berenda baru, merias wajah dan rambutmu, lalu mengajakmu ke studio foto, berpose di samping kue ulang tahun yang bahkan lebih besar dari tubuhmu.

Agaknya juga bukan lagi melemparkan telur serta menyiramkan tepung di atas kepala, seperti yang teman-teman SMP-mu lakukan dulu. Kamu akan cepat-cepat berlari menghindar setelah pelajaran usai, namun temanmu tidak gampang dilewati. Malu, namun bahagia, saat pulang dengan seluruh tubuh berwarna putih dan berbau amis.

Kecil peluang terjadi, teman-temanmu akan pura-pura lupa hari lahirmu. Mereka akan membuatmu jengkel seharian, tidak memperhatikanmu, lalu diam-diam memberi surprise saat kamu berada di puncak kesebalanmu, seperti yang teman-teman SMA-mu sandiwarakan dulu.

Atau kejutan kue tart dan lilin, ucapan selamat membanjiri ponselmu, seperti dulu yang direncanakan teman-teman kuliahmu. Setelah itu kalian akan pergi ke bioskop, atau sekedar berkaraoke.

Apa yang kamu harapkan akan terjadi besok, teman? Berfoto bersama di studio foto, mendapatkan siraman tepung dan telur, dikerjain teman-temanmu, dihadiahi kue tart, pergi ke bioskop, berkaraoke, makan-makan?

Bukan perayaannya teman, karena setiap hari pun kamu bertambah dewasa. Pergantian hari ini dan esok akan sama saja dengan pergantian hari kemarin dan hari ini. Tanggal esok adalah initial point saja, penanda, bahwa selama kamu ada di dunia ini, kamu akan telah melewati tanggal 25 September sebanyak 22 kali.

Banyak hal luar biasa yang telah kamu lewati. Namun insya Allah akan lebih banyak lagi hari luar biasa yang akan kamu hadapi. Doaku semoga kamu senantiasa lebih baik dalam menyikapi kehidupan ini. Happy amazing birthday!

No comments:

Post a Comment