Monday, May 2, 2011

Koninginnedag

Tanggal 30 April dua hari yang lalu, masyarakat Negeri Kincir Angin merayakan hari ulang tahun ratu mereka yang dahulu, Ratu Juliana. Udah lengser tapi kok masih tetep dirayakan? Ehem, katanya ulang tahun ratu Belanda yang sekarang, Ratu Beatrix, tiba pas musim dingin di bulan Januari, jadi perayaan Queen's Day (atau bahasa Belandanya koninginnedag) tetep dirayakan 30 April, mengingat cuaca lagi enak-enaknya di bulan ini.

Ada apa aja di Hari Ratu? Hemm, dua hal yang saya anggap menarik.

Pertama, suasana jadi serba orange. Orang-orang mengenakan pakaian dan berbagai atribut warna orange. Jalan-jalan didekorasi serba orange. Bahkan ada kue khas koninginnedag, namanya kue orange juga (iyelah, warnanya orange!).

Orang-orang berpakaian serba orange
Ini dia kuenya
Kue orange itu manisnya pas, nggak terlalu manis (baca: eneg) seperti keju-keju kebanyakan yang dijual di negara kita. Lembut di tengah, crunchy di luar. Pokoknya enak dah #IklanBanget.

Kedua, ada pasar dadakan. Semua orang boleh menjual barang mereka, bisa buku, komik, video, mainan, pakaian, alat rumah tangga, alat elektronik, dan sebagainya. Dan yang asikgila, harganya bisa ditawar, murraahh bangeet! Tau nggak, saya dapet permainan scrabble lengkap yang masih bagus (walaupun second hand) seharga 50 cent doang! Lalu saya juga dapet mainan tic-tac-toe seharga 10 cent DOANG!! (mainan mulu yang dibeli).

Pasar dadakan di Oudegracht
Nggak tau deh, kenapa ada bendera Italy disana

Ada dua tempat yang menyediakan tempat khusus buat berjualan (yang saya tau loh ya), pertama di pinggiran kanal di Oudegracht (deket kosan saya), dan yang kedua di Juliana Park di Amsterdamstraatweg (sekitar 3 kilometer dari kosan saya). Yang bikin asikbangetgila, sore harinya, sekitar jam 3-an, pas pasar dadakan mau tutup, sisa barang dagangan itu cuman ditinggal-tinggal aja sama pemiliknya. Saya dan temen-temen langsung kalap!

Jam 3-an saya, Eka, Agan Fajar, dan Mas Badrun meluncur ke Juliana Park. Eh, orang-orang udah pada beringkes. Para penjual ada yang mengumpulkan kembali barang-barang dagangannya lalu dibawa pulang, namun ada juga yang meninggalkan barng-barang dagangannya gitu aja. Dan barang-barangnya masih bagus-bagus sodara-sodara! Nggak salah-salah, mesin jahit, tivi, printer, scanner, boneka bagus, pakaian, piring-gelas, pernak-pernik, semuanya berserakan. Saya dan ketiga pahlawan lainnya langsung bergerilya. Ampun, jangan sampe ketemu reporter yang ngasi tau kalo mahasiswa Indonesia disini kerjanya nguli. Hahaha.

Dan hasil gerilya kami juga nggak tanggung-tanggung looh sodara-sodara. Jangan iri kalo kami dapet berbagai barang berharga!


Hiruk-pikuk di Juliana Park
Dapet crown bulu angsa, hahaha
Eka dan Mas Badrun memamerkan hasil bergerilya sore itu

Ah, terima kasih Ratu, saya doakan semoga sukses dan bahagia selalu ^_^

5 comments:

  1. hihihi, saya jg mw bgd dunk bergerilya nyari brg2 second hand yg unyu~unyu...
    wuah, asik bgd drmu bnyk dpt pengalaman br dsna, jeung!
    chukae ^^

    ReplyDelete
  2. btw ganti baju lg nih, si blog... :D

    ReplyDelete
  3. yoi.. asiik banget.. moga2 setiap hari ada yang ulang tahun dan bagi2 barang gratisan..

    iya jeung.. nggak tau nih, template ini juga belom sreg banget.. hehe..

    ReplyDelete
  4. wey Papak.. komen kok cak ini.. hadeh..

    ReplyDelete