Thursday, May 19, 2011

Kisah Rumput dan Pohon Oak

Ini cerita tentang pohon oak yang sombong dan rumput. Hmm, yang kurang familiar dengan pohon oak, mari dengarkan deskripsi kecil saya sejenak. Pohon ini memiliki karakteristik yang sedikit sama dengan pohon beringin: memiliki batang yang kokoh dan akar yang panjang serta kuat.




Suatu hari hiduplah sebatang pohon oak dan rerumputan di pinggir sungai yang jernih. Walaupun sendiri, pohon oak tersebut tumbuh dengan kokohnya di antara rerumputan yang pendek. Jika angin kencang datang, pohon oak tetap berdiri sombong sementara para rumput akan merunduk untuk menghindar. Sang pohon oak bertanya, "Hey rumput, mengapa kalian selalu merunduk setiap kali angin datang?" Lalu para rumput menjawab dengan rendah hati, "Menurut kami, merunduk akan terlihat lebih sopan."

Hari berganti hari. Sang pohon oak tetap dengan sombongnya berdiri setiap kali angin kencang berhembus, sementara rumput tetap merunduk. Suatu kali, badai yang luar biasa kencang mendatangi sang pohon oak dan rerumputan. Para rumput tetap merunduk serendah-rendahnya, dan sang pohon oak tetap berdiri dengan sombongnya. Pohon oak dan angin yang luar biasa kencang tersebut terlihat bergelut hebat. Sekuat apapun sang pohon oak untuk tetap berdiri, akhirnya angin bisa mengalahkannya. Akar panjang dan kuat milik sang pohon oak terangkat ke permukaan tanah, batang yang sebelumnya kokoh itu akhirnya tumbang.

Ketika angin kencang sudah lewat, sang pohon oak sombong yang hampir meninggal itu berkata, "Mengapa ini terjadi padaku?" Lalu para rumput merundukkan batangnya lagi memberi penghormatan terakhir kepada pohon oak.

-fin-


Haduuu, ceritanya berakhir tragis ya. Padahal kalo si pohon oak tetep hidup, ceritanya akan lebih seru. Mungkin mereka akan menghabiskan waktu tua bersama-sama, menikmati udara pagi yang segar dan udara sore yang menenangkan. #apasih

We must survive, guys! SURVIVE! Menurut saya ya, berhasil itu bukan dilihat dari seberapa banyak uang yang seseorang miliki ataupun seberapa tinggi skor yang dicapai. Orang yang berhasil adalah mereka yang tau bagaimana cara untuk tetap berdiri, atau cara untuk berdiri lagi setelah terjatuh berkali-kali.

Banyak cara untuk tetap berdiri kok guys. Apakah seperti rumput, giving up and going back again, ataukah seperti pohon oak yang menguatkan akar dan batangnya. Atau masih banyak lagi.

Salam semangat!

1 comment:

  1. hmm..
    sprti rumput lbh baik, kdg2 qt emg hrs mengalah, kdg2 hrs tunduk, itu juga salah satu cara untuk bertahan. Asal nunduknya jgn keterusan saja, hehehe

    ReplyDelete