Wednesday, May 4, 2011

Tragedi Minyak

Bagi para ibu (baca: perempuan) yang sudah terlatih untuk belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket atau tempat perbelanjaan kebutuhan harian lainnya, membeli minyak goreng harus penuh perhitungan. Minyak goreng mana yang menurut rekomendasi sang ahli kesehatan aman bagi tubuh dan menurut ahli ekonomi mampu menekan angka pengeluaran harian sekecil-kecilnya. Intinya, beli minyak goreng yang nggak berbahaya tapi murah.

Disini saya terbiasa belanja di minimarket milik Albert Heijn. Karena sebelumnya juga terbiasa mandiri kalo beli-beli di minimarket di Indonesia, disini saya juga, nanya petugasnya kalo bener-bener darurat udah nggak tau apa-apa. Kalo untuk masalah beli minyak goreng sih gampang ya, dimana-mana minyak goreng warnanya kuning muda gitu, dan bahasa Belandanya minyak adalah olie. Menurut rekomendasi orang-orang, kalo belanja pilih yang berlogo Euro Shopper atau berlogo toko tempat kita membeli, misalnya memilih produk Albert Heijn sendiri, karena harganya lebih murah dibandingkan produk-produk lain. Disamping itu, kualitasnya juga nggak buruk.

Ketemu deh, di deretan minyak-minyak untuk memasak, saya menemukan produk Albert Heijn yang ada tulisannya sla olie, harganya paling murah di antara harga minyak-minyak lainnya. Maka dari pertama kali jatuh cinta sama minyak yang satu itu, saya rutin beli minyak tersebut sampe kemarin. Kira-kira sudah hampir dua bulan. Ternyata, sla olie itu adalah minyak yang dipakai misalnya untuk salad yang nggak baik jika digoreng! Berbahaya jika dipanaskan sodara-sodara! Apa kata dunia, tubuh saya sudah diminyaki oleh minyak yang berbahaya!

Ternyata, minyak yang bagus untuk dipake untuk menggoreng adalah minyak yang bergambar sunflower (zonnebloem olie). Jika dibanding-bandingkan soal harga, zonnebloem olie cuman lebih mahal beberapa cent doang kok dari sla olie. Ah..

Sla olie

Zonnebloem olie


Pesan moral: yang murah belum tentu baik.

2 comments:

  1. Kalau di PIM, semua minyak ya minyak goreng, ngga susah pilih2 hargax kan...

    ReplyDelete
  2. tetep dong Mal.. cari kualitas baik dengan harga termurah.. hehehe

    ReplyDelete